Pemerintah, Ekonomi, Sektor Properti dan Tax Amnesty

pik2 Uncategorized December 7, 2016

Siapa yang belum pernah mendengar mengenai tax amnesty? Hal ini adalah salah satu hal yang cukup populer di Indonesia karena sangat gempar diberitakan dan di iklankan. Lalu apa itu tax amnesty yang sebenarnya? Mari kita simak ulasannya.

Apa itu Tax Amnesty?

Seperti yang kita tahu, di dalam dunia bisnis ada banyak pihak wajib pajak yang menganggap pembayaran pajak adalah hal yang merugikan. Hal ini menyebabkan mereka yang wajib pajak tidak memenuhi kewajibannya untuk mambayar pajak. Hal ini kemudian menyebabkan banyak pihak mengalami kerugian. Pihak yang paling dirugikan tentu saja adalah pihak pemerintahan. Pihak wajib pajak terus lari dari kewajibannya membayar pajak meski sudah ada ancaman denda dan juga bunga. Melihat hal yang tidak makin baik ini, pemerintah kemudian mengeluarkan kebijkana tax amnesty atau pengampunan terhadap pajak yang belum dibayarkan. Pengampunan dilakukan dengan memberikan kesempatan membayar pajak dengan jumlah tertentu tanpa adanya denda dan juga bunga. Kebijakan tax amnesty kali ini cukup banyak mendapatkan perhatian dan cukup sukses dijalankan.

Peran pemerintah dalam perkembangan bidang properti

Pada dasarnya, salah satu tujuan dari diberlakukannya kebijakan pengampunan pajak berasal dari sektor properti. Sektor properti adalah salah satu sektor yang dapat membantu meningkatkan derajat ekonomi negara, sayangnya sebelum tahun 2016 pertumbuhan dari sektor properti ini sangat lambat sehingga pemerintah sendiri menganggap perlu dilakukan dorongan untuk sektor properti ini. Dengan adanya kebijakan pengampunan pajak ini diharapkan dapat menjadi salah satu faktor pendorong yang kuat bagi bidang ini.

Bukan hanya disinyalir dapat meningkatkan pertumbuhan di bidang properti. Niat baik dari pemerintah juga bisa dilihat dari dukungannya terhadap sektor ini. Salah satu bentuk dukungan dari pemerintah adalah dengan adanya peningkatan infrastruktur di Indonesia. Dengan adanya perbaikan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah ini para pengembang properti dapat lebih cepat dalam melakukan pengembangannya. Salah satu contohnya adalah adanya proyek kereta cepat antara Jakarta-Bandung merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang ada di sekitarnya.

Perkembangan investasi di dunia properti yang mendapatkan dukungan yang besar oleh pemerintah ini juga dapat dilihat dari undang-undang baru dari pemerintah yang menyatakan bahwa pihak asing juga bisa melakukan investasi di sektor properti yang ada di Indonesia. Akan tetapi hal ini belum tentu mendatangkan kabar baik. Mengapa? Kebijakan pemerintah yang sering berubah bisa jadi menyebabkan pihak asing merasa ragu untuk membeli properti atau melakukan bisnis di Indonesia.

Efek Tax Amnesty pada bidang properti

Dengan pelaksanaan kebijakan pemerintah mengenai tax amnesty atau pengampunan pajak yang cukup agresif ini pemerintah dapat melihat banyak perubahan ke arah positif dari berbagai bidang. Salah satu bidang bisnis yang mendapatkan pengaruh yang besar terhadap adanya kebijakan pengampunan pajak ini adalah bidang properti.

Pengaruh dari munculnya Tax Amnesty pada bidang properti tentu saja memiliki dampak yang manis. Disebutkan bahwa keberadaan tax amnesty akan memberikan pengaruh yang cukup besar di bidang properti. Pengaruh yang besar ini bisa dilihat dari keuntungan yang didapatkan oleh investor. Keberadaan kebijakan pengampunan pajak ini akan mendorong lebih banyak investor untuk melakukan investasi di dunia properti seperti properti dari pik2.co.id. Dengan meningkatnya jumlah investasi dan investor ini, baik dari segi persewaan atau jual beli properti nilainya akan naik dengan cukup menjanjikan. Kesempatan yang baik untuk memulai bisnis investasi pada bidang properti bukan?

Tags: